oleh

Syaiful Syafri ; UMSU Press Berhasil Mendorong Para Dosen Untuk Menulis Sebuah Buku Refrensi

-Pendidikan-1,298 views

Medan, Mitanews.co.id | Rektor Univ. Muhammadiyah Sumatera Utara ( UMSU ) , Prof. Dr. Agussani, MAP didampingi Rektor 1 Prof. Dr Muhammad Arifin M.Hum dan Kepala UMSU Press M. Arifin, S.Pd, M.Pd menyerahkan royalti kepada 51 Dosen yang menulis Buku terbitan UMSU Press tahun 2022 di BI Corner UMSU Jln Mukhtar Basri Medan, Kamis (21/4).

Dari 51 Dosen yang menerima royalti adalah Dr. Mohd Yusri, M.Si dan Drs Syaiful Syafri MM, hasil pemasaran Buku Kebijakan & Perencanaan Sosial di Indonesia yang banyak terjual di Shopee, Gramedia dan Perpustakaan UMSU atas permitaan pembeli dari Jokja, Jawa Tengah, Jawa Barat dan DKI serta Sumatera Utara.

Menurut Prof Agussani bahwa keberhasilan UMSU Press dalam penerbitan Buku dan pemasarannya, tidak terpisahkan dari keberhasilan universitas itu sendiri, dan Kerja keras yang dilakukan UMSU Press untuk membangun kampus UMSU yang unggul.

Secara khusus saya memberi apresiasi kepada Kepala UMSU Press, Muhammad Arifin, MPd. yang memiliki manajerial baik serta mampu menghimpun dan mengorganisir sumberdaya manusia yang ada untuk bekerjasama, sehingga kerja kerasnya juga melahirkan Perpustakaan UMSU berpredikat terbaik, dan Akreditasi A.

Kepada para penuli Agussani menyampaikan rasa terima kasih dan memberi apresiasi, khususnya Dr Mohd Yusri M.Si dan Drs Syaiful Syafri MM, agar menularkan semangat dan tehnik menulis kepada kawan-kawan sesama profesi Dosen sehingga buku yang ditulis dicari sebagai referensi para Dosen, Mahasiswa dan Aparatur Pemerintah.

Sementara itu Kepala UMSU Press, Muhammad Arifin, MPd menyatakan penerima royalti naik tajam dari 16 orang tahun 2021 menjadi 51 orang tahun 2022, dan buku yang terjual tahun 2021 sebanyak 210 buah, meningkat menjadi 1143 buku yang terjual pada tahun 2022 dari 10 mode penjualan.

Dr.Mohd Yusri M.Si yang mewakili penulis dalam sambutannya menyampaikan rasa senangnya bisa menerbitkan buku di UMSU Press karena mendapat royalti dan pelaporan yang jelas dan mampu medesain Cover Buku dengan baik, juga pemasarannya.

Awak media yang menghubungi Syaiful Syafri usai menerima royalti bertanya tentang isi buku yang banyak terjual, dijelaskan bahwa Buku Kebijakan & Perencanaan Sosial di Indonesia merupakan sebuah buku yang ditulis dari gabungan teori dan peraktek lenyelenggaraan pemerintah dan pemerintah di daerah.

Isi Buku disamping banyak memberi contoh kasus atas penelitian dan kajian dalam penulisan, kata Mantan Pj Bupati Batu Bara 2008 ini, juga berisi peroses perencanaan yang bersumber dari kebutuhan masyarakat sesuai musrembang Desa dan Kecamatan hingga ke tingkat nasional sesuai peraturan per undang2an, jadi tidak teori2 dari sumber bacaan.

Ditegaskan Mantan Kadis Pendidikan Sumut tahun 2010 - 2014 ini bahwa UMSU Press dibawah kepemimpinan M. Arifin S.Pd, M.Pd telah mampu mendorong para Dosen di sebuah Perguruan Tinggi untuk menulis sebuah buku menjadi Buku Refrensi atau Biografi seseorang, dengan baik.

Turut memperoleh royalti para dosen yang menulis buku di UMSU Pres yakni para Dosen yang bertugas di UMSU dari berbagai Fakultas, termasuk Dosen yang bertugas di UNPRI, UIN Sumut, dan ITSI. ( MN.01 )

Baca juga : Danu Prayitno Bersama Manajemen KSJ dan GM Pujakesuma Nusantara Berbagi Takjil

News Feed